Sabtu, 10 November 2018

EMAS PUTIH VS PLATINUM

EMAS PUTIH VS PLATINUM

  • Emas Putih


     Banyak orang menyebut bahawa ada dua jenis emas di pasaran, yaitu emas putih dan emas kuning. Pertanyaan yang ada di kepala kita adalah Apakah ada tambang emas putih? Coba anda browsing atau sekedar informasi tentang keberadaan emas putih di alam.
 Sebenarnya emas putih tidak pernah di temukan di alam ini. Istilah emas putih berasal dari proses pengolahan emas kuning yang berusaha di putihkan. Pemutihannya menggunakan campuran logam lain. Adapun campuran emas putih terdiri dari emas kuning, perak, platinum, nikel dan seng. Emas kuning berusaha di putihkan warnya dengan mencampur komposisi kadar dan berat  bahan diluar emas.

Emas putih memiliki  berat jenis 19,32. Titik leleh adalah 1064, 43 C dan titik didih adalah 2807 C. Masa atomnya adalah 196,96657 Amu. Unsur ini jarang menimbulkan reaksi alergi.

Nikel umum digunakan sebagai bahan campuran emas. Warna nikel ke abu-abuan mampu menguraikan warna emas kuning menjadi putih, Selain itu pencampuran nikel di anggab lebih murah biayanya dibandingkan pencampuran menggunakan platinum. Di Eropa pemakaian nikel pada campuran emas dilarang. Akibat dari banyaknya orang yang alergi terhadap nikel,
Namun di Indonesia pengrajin emas terbiasa menambahkannya di dalam pengolahan emas putih untuk perhiasan. Harga nikel di Indonesia lebih murah dibandingkan negara lain karena ketersediaan di alam melimpah. Indonesia merupakan penghasil nikel terbesar di dunia.

  • Platinum


  Platinum disimbolkan dengan Pt dan nomor atomnya 78. Platinum merupakan logam alami  dan memiliki kepadatan sangat tinggi yaitu 21,4 g/cm kubik. Warnanya  putih dengan berat jenis  21,4 g/cm. Platinum merupakan logam yang jarang ditemukan. Platinum memiliki titik didih 3800 C dan titik leleh  1772 C. Massany atom adalah 195,078 Amu.



Platinum merupakan  logam putih keperakan dan lebih  berkilau  dibandingkan emas putih. Platinum lebih besar  dan lebih keras dibandingkan emas putih. Platinum tidak membutuhkan campuran logam apapun untuk menambah kilaunya karena platinum tanpa campuran logam apapun sudah berkilau. 
Platinum kurang luwes dan lentur. Pembuatan logam platinum  menambah beban biaya untuk dapat menjadi lentur untuk bisa dibuat perhiasan.

Perbedaan Emas putih dan Platinum

  • Harga Platinum lebih mahal dibandingkan emas putih karena keberadaan di alam yang terbatas.
  • Platinum merupakan logam putih keperakan dan lebih berkilau dibandingkan emas putih.
  • Emas putih bisa mengkilap jika dilapisi rodium, Sehingga perhiasan  emas putih  secara berkala harus dipoles dengan rodium,
  • Paltinum tidak memerluakan lapisan atau polesan dibandingkan emas putih.
  • Perhiasan platinum merupaka 95% platinum.
  •  Sedangkan perhisan emas  putih umumnya  merupakan kombinasi 75% emas alami dengan 25% dari platina atau paladium dan kombinasi  lain 75% emas alami dengan 10% paladium, nikel dan 5% seng,
  • Platinum tidak membutuhkan perawatan ekstra dibandingkan emas putih,


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harga emas

HARGA EMAS 1 MINGGU KEDEPAN 25 November -  2 Desember 2018 0,1 gram = Rp, 85.000 0,2 gram = Rp. 164.000 0,4 gram = Rp. 316.000 1 gram ...